Atasi Stress di Tempat Kerja Dengan Lakukan Ini!


Stres di tempat kerja adalah hal yang biasa dialami oleh setiap karyawan, namun kemampuan masing-masing individu dalam mengatasi stres yang dialaminya dapat berbeda-beda. Mendeteksi sedini mungkin apakah Anda sedang mengalami stres di tempat kerja adalah sangat penting sebelum perusahaan mengetahuinya.

Stres yang dibiarkan terus berlarut-larut tanpa ada solusi dapat membuat produktivitas seseorang mengalami penurunan. Tak heran perusahaan melakukan kaji ulang terhadap kinerja karyawan tersebut, teguran berupa sangsi bahkan hingga pemecatan bukan tidak mungkin terjadi. Oleh karena itu, tips berikut mungkin berguna bagi Anda yang sedang mengalami stres, supaya stres yang sedang Anda alami tidak sampai mengurangi produktifitas Anda di tempat kerja:


1. Mendengarkan Musik



Tahukah kamu salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain kamu akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik  juga dapat mengurangi tingkat stres kamu. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood kamu.
Seperti penelitian yang dilakukan Dr. Teresa Lesiuk mengenai pengaruh  musik pada pekerjaan, ia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah karena music  meningkatkan mood.
Jika sedang penat dengan pekerjaan, ambilah waktu sejenak, lalu dengarkan musik favoritmu. Dengarkanlah selama 15 menit sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Cobalah dengarkan Musik tanpa lirik, karena music jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres.

2. Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif


Memanfaatkan sela-sela waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres kamu ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri kamu untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong di tempat makan bersama rekan kerja lain. Selain membantu kamu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat kamu sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang kamu hadapi.

3. Buatlah Tempat Kerjamu Nyaman


Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan yang akhirnya menjadi salah satu pemicu tingkat stres yang tinggi di tempat kerja. Oleh karena itu, aturlah tempat kerja kamu agar kamu tidak merasa cepat bosan dan stres.

4. Planning aktivitas Anda

Apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

5. Berbagi Tugas

Tidak hanya berbagi saat merasa lapang, ternya berbagi saat pekerjaan menumpuk juga diperlukan. Delegasikan sebagian tanggung jawab Anda kepada staff yang menurut Anda mampu menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami

  • Komp. Pontianak Mall Blok A33, Jl. Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

  • pontianak@fingerspot.com

  • 085229348270 (WA) || 082151769321 (WA)