Tips menjalankan Bisnis Kos di Kota Besar


Semakin menjanjikannya peluang kerja dan fasilitas pendidikan di kota besar, belum sepenuhnya dibarengi dengan kehadiran perumahan yang terjangkau, bahkan generasi milenial terancam tidak mampu memiliki rumah. Hal ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memutuskan untuk terjun di bisnis kos kosan.Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis kos kosan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar rumah kost yang Anda tawarkan diminati oleh banyak penyewa yaitu:


1. Mempersiapkan modal awal

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis kos kosan adalah modal awal. Modal awal untuk mendirikan rumah kost bisa berasal dari dana pribadi maupun dana orang lain, seperti dari keluarga, teman maupun bank. Apabila Anda ingin membangun kos kosan dengan memanfaatkan dana dari keluarga dan teman, ada dua skema yang bisa digunakan, yaitu dengan cara meminjam uang atau sistem kongsi/kerja sama. Sedangkan apabila Anda ingin memanfaatkan dana dari bank, maka pilihan yang terbaik adalah dengan cara KPR.

2. Lokasi kost yang strategis

Lokasi yang strategis merupakan aspek terpenting dalam memulai bisnis kos kosan. Dalam memilih lokasi rumah kost, Anda harus memiliki perencanaan yang jelas mengenai pangsa pasar yang ingin Anda tuju. Apabila Anda menargetkan pangsa pasar mahasiswa, maka lokasi kost yang ideal adalah di dekat kampus. Namun apabila Anda ingin memulai usaha kost untuk karyawan maka pilihlah lokasi kost yang berada di sekitar perkantoran dan pusat perbelanjaan.

3. Kost mudah diakses

Kemudahan akses transportasi juga harus diperhatikan apabila Anda ingin rumah kost cepat penuh. Lokasi kost yang dekat dengan kampus bukan satu-satunya jaminan. Penyewa kost tidak akan berdiam diri saja di kost. Mereka juga membutuhkan akses ke berbagai tempat seperti rumah makan, minimarket dan sarana hiburan. Sehingga kemudahan akses transportasi baik berupa kendaraan umum maupun pribadi menjadi pertimbangan penting dalam memilih kost.

4. Desain rumah kost yang modern

Desain rumah kost juga sangat mempengaruhi keputusan penyewa kost dalam memilih rumah kost. Buatlah calon penyewa jatuh cinta pada pandangan pertama dengan rumah kost Anda. Caranya adalah dengan membuat tampak luar rumah kost yang modern dan minimalis. Setelah mereka terpesona dengan pagar dan fasad rumah kost Anda, buatlah mereka semakin jatuh cinta dengan penampilan interior rumah kost. Bangunan rumah kost juga sebaiknya terawat, sehingga jauh dari kesan kotor dan angker.

5. Fasilitas yang memadai

Ketersediaan fasilitas kost juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh penyewa kost. Fasilitas sebaiknya disesuaikan dengan pangsa pasar bisnis kost Anda. Apabila pangsa pasar Anda adalah mahasiswa, maka memberikan fasilitas yang standar seperti spring bed, meja, kursi, lemari dan pilihan AC/non AC sudah cukup. Namun bila kost Anda menyasar kalangan eksekutif dan ekspatriat, sebaiknya fasilitas kost lebih lengkap, seperti AC, kamar mandi dalam, water heater, wifi, TV kabel dan peralatan gym.
Selain kiat-kiat yang sudah disebutkan diatas, jangan lupakan juga fasilitas keamanan bagi para penyewa kos, keamanan juga menjadi kunci penting suksesnya bisnis kos yang anda jalani. Oleh karena itu Fingerspot menyediakan alat Hotel Lock untuk menunjang keamanan bagi bisnis kos anda. Menggantikan sistem penguncian kamar manual, Hotel Lock hadir dengan sistem keamanan yang lebih terjamin.

.       .       .
Tunggu Apalagi?? Segera Kunjungi Showroom Kami di..
Komp. Pontianak Mall, Jalan Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117
Atau hubungi kami melalui..
085229348270 (WA) A.n. Hendrawan Feri
082151769321 (WA) A.n. Rendra Fatrisna
Kunjungi Juga Website Kami di..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami

  • Komp. Pontianak Mall Blok A33, Jl. Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

  • pontianak@fingerspot.com

  • 085229348270 (WA) || 082151769321 (WA)