Tips mengatasi Teman Kerja yang Menyebalkan


Saat di kantor, kita sudah pasti akan bertemu dan berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki kepribadian berbeda-beda, termasuk rekan kerja yang menyebalkan sekalipun.
Untuk menghadapi hal tersebut, Anda harus berjiwa besar dan belajar menerima rekan kerja Anda. Atau lebih baiknya, Anda bisa meminimalkan berkomunikasi dengannya. Berikut adalah tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan di Kantor:

1. Minta Saran Darinya
Ketika rekan kerja mengkritik strategi Anda saat meeting di depan bos, mintalah dia langsung memberikan saran yang menurutnya lebih briliant untuk dijalankan. Bila memiliki niat tulus, rekan Anda akan selalu punya ide. Sebaliknya, kalau kritik itu cuma akal-akalan untuk menjatuhkan Anda, maka dia akan panik dan akan mempermalukan dirinya di depan seluruh peserta meeting.
Anda juga harus siap menjalankan ide kerjanya, seandainya dia memiliki ide yang bagus. Namun saat ide itu gagal, Anda bisa dengan elegan berkata, “Nah, ide Anda ternyata tidak berjalan dengan baik, jadi mari kita jalankan dengan cara saya.”
2. Bersikap Profesional
Tetap lakukan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda secara profesional. Jangan bersikap kekanak-kanakan, seperti menolak bekerja dalam tim dengannya. Tetaplah bersikap biasa dan jangan tunjukkan kalau Anda tidak bisa bekerja dengannya.
Jangan menunjukan sifat kasihan apabila rekan Anda itu Anda gagal saat menjalankan tugas pekerjaannya. Jika dia meminta bantuan, berilah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan Anda. Jangan berlebihan.
3. Hindari Membalas Dendam
Meskipun Anda sudah sangat kesal dan bete dengan rekan kerja Anda ini, jangan sekali-kali Anda membalas dendam dengan gantian menjelek-jelekkan dirinya dan mengadu pada rekan kerja lain atau bos. Bila bos menanyakan masalah tersebut secara pribadi, Anda bisa menjelaskan dengan terus terang. Yang pasti bukan Anda yang memulai untuk memberikan informasi tentang rekan Anda itu.
Cara ini biasanya cukup ampuh untuk menciptakan image bahwa Anda sebenarnya orang baik, karena tidak pernah bicara buruk tentang orang lain, meskipun Anda sering dijadikan objek gosip kantor. Bersikap elegan saat menghadapi rekan kerja yang tak menyukai Anda di kantor akan membuktikan pada semua orang bahwa Anda pekerja yang profesional dan bahkan lebih baik daripada “musuh” Anda.

4. Tanggapi saja sikapnya dengan penuh kedewasaan

Sadari, bahwa sikap menyebalkannya itu enggak berbeda dengan kelakuan anak-anak yang gagal mendapatkan mainan. Biasanya seperti itu. Maka, hadapi saja sebagaimana adanya. Amat diperlukan sikap yang dewasa untuk hal-hal elementer seperti ini. Bahkan bisa jadi dengan sikap dewasa itu, kamu akan dihormati olehnya.
Dengan kata lain, saudaramu akan bertambah. Kalian akan saling mendukung pada akhirnya. Tentu saja hal itu bukan perkara yang bisa langsung diterapkan dalam waktu singkat. Tetap perlu waktu yang cukup untuk jalani prosesnya. Perlu pula pengendalian emosi dan diri secara berulang-ulang hingga bisa menguasai keadaan tiap kali bertatapan dengannya.

5. Menjauh

Jika Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk meningkatkan interaksi dengan rekan kerja menyebalkan tapi malah selalu gagal, maka Anda mungkin perlu untuk melepaskan harapan. Cara lain untuk melepaskan adalah dengan mencoba untuk menghindarinya.
Akan tetapi, jika rekan kerja sudah bersikap keterlaluan, Anda dapat coba untuk berbicara langsung kepada atasan perihal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami

  • Komp. Pontianak Mall Blok A33, Jl. Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

  • pontianak@fingerspot.com

  • 085229348270 (WA) || 082151769321 (WA)