5 Alasan Harus Pantau Kehadiran Karyawan Lewat Smartphone


Tercatat ada sekitar 55 juta pengguna smartphone di Indonesia pada akhir tahun 2015. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus tumbuh di tahun-tahun setelahnya. eMarketer memperkirakan tahun 2016 hingga 2019, jumlah pengguna smartphone di Indonesia berturut-turut mencapai  65.2, 74.9, 83.5, dan 92 juta orang.
Smartphone sudah menjadi piranti yang lumrah bahkan wajib bagi kalangan tertentu. Malahan tidak sedikit orang Indonesia yang merasa perlu untuk memiliki smartphone lebih dari satu. Di mana pun Anda berada, tidak akan sulit menemukan orang yang sibuk menggunakan ponsel cerdasnya, baik untuk berkomunikasi, mengakses informasi, mencari hiburan, atau sekadar mengambil foto. Smartphone memang memiliki segudang kelebihan dan fitur yang memanjakan penggunanya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan piranti tersebut, seolah semua ada dalam genggaman.
Kini bukan hal mustahil pula bagi Anda untuk bisa memantau kehadiran karyawan hanya dengan smartphone, tanpa harus terikat tempat dan waktu tertentu. Lantas, apa untungnya pantau kehadiran karyawan melalui smartphone? Ini dia 5 alasan mengapa Anda harus melakukannya.
1. Akses informasi sekejap mata
Tahukah Anda bahwa penyajian informasi yang cepat dapat membantu meningkatkan produktivitas? Anda tidak perlu melewatkan banyak waktu untuk mendapatkan informasi kehadiran karyawan. Semua bisa diperoleh secara instan dengan smartphone Anda. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan waktu berharga Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.
2. Nilai kedisiplinan karyawan kapan saja
Menurut Widjaja (1986:29) disiplin merupakan unsur penting yang memengaruhi prestasi organisasi. Sebuah organisasi tidak mungkin mencapai prestasi yang lebih tinggi jika tingkat kedisiplinannya tidak lebih tinggi pula. Satu di antara tolok ukur kedisiplinan karyawan adalah persentase kehadirannya. Dengan memantau kehadiran karyawan melalui smartphone, Anda dapat mengukur tingkat kedisiplinannya kapan pun Anda inginkan. Oleh sebab itu, jika ternyata diketahui terjadi tindakan indisipliner, Anda dapat langsung memperbaharui kedisiplinan karyawan saat itu juga. Lebih cepat Anda mendisiplinkan karyawan, lebih cepat pula pencapaian prestasi perusahaan.
3. Mobilitas bukan hambatan
Sebagai atasan tentu Anda memiliki sejumlah agenda kerja yang dilakukan di luar kantor. Mobilitas yang tinggi membuat Anda tidak bisa selalu berda di depan meja kerja. Belum lagi jika perusahaan memiliki lebih dari satu kantor dengan lokasi berjauhan. Meskipun demikian, semuanya perlu diawasi secara optimal. Jika Anda dapat memantau kehadiran karyawan melalui smartphone, tentu akan sangat membantu. Pemantauan  tetap dapat dilakukan secara langsung dan menyeluruh tanpa hadir di lokasi. Anda bahkan dapat melakukannya saat sedang perjalanan dinas.
4. Dapatkan fakta informasi
Data kehadiran karyawan yang Anda akses melalui smartphone sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi. Hal itu karena ketika karyawan melakukan pemindaian sidik jari di mesin absensi, datanya akan otomatis diteruskan ke server dan langsung tersimpan secara terpusat. Karyawan tidak bisa memanipulasi data kehadirannya. Sangat berbeda dengan absensi manual ataupun offline yang rentan pemalsuan.
5. Selalu siap saat dibutuhkan
Kapan saja Anda membutuhkan data kehadiran karyawan, Anda hanya tinggal mengoperasikan smartphone—yang notabene selalu Anda bawa—untuk mengaksesnya. Anda tidak perlu menunggu untuk mendapatkannya.

.       .       .

Tunggu Apalagi?? Segera Kunjungi Showroom Kami di..
Komp. Pontianak Mall, Jalan Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117
Atau hubungi kami melalui..
085229348270 (WA) A.n. Hendrawan Feri
082151769321 (WA) A.n. Rendra Fatrisna
Kunjungi Juga Website Kami di..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami

  • Komp. Pontianak Mall Blok A33, Jl. Teuku Umar, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

  • pontianak@fingerspot.com

  • 085229348270 (WA) || 082151769321 (WA)